Road To Mecca

Pernah baca buku ini? Sebenernya udah cukup lama saya baca buku ini, tapi entah kenapa akhir-kahir ini kepikiran lagi, dan pingin nulisin tentang buku ini.

Buku ini terdiri dari dua bagian. Isinya tentang apa? Yaaa perjalanan menuju Mekah… hehe, secara eksplisit

sih begitu, tapi secara implisit… subtantivelyindeed… novel ini mengisahkan perjalanan seorang manusia bernama Leopold Weiss alias Muhammad Asad (si pengarang sendiri) menuju Islam.

Walaupun dibawakan dengan alur yang maju mundur maju mundur maju terus mundur lagi, dan walau nggak se-nyastra Leo Tolstoy atau Pramoedya Ananta Toer, tapi karena latar belakang si pengarang yang merupakan seorang jurnalis, penuturannya tetap nikmat dikemil dengan bahasa yang mudah dicerna (ini bacaan atau cemilan???).

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. Di beberapa scene, saya nangis… terutama saat si penulis bertemu seseorang dalam mimpinya. Orang yang kemudian membawanya menuju sebuah jalan. Menurut penakwilan seorang ulama, orang dalam mimpinya itu adalah Rasulullah…. Padahal kalau saya nggak salah, saat ia bermimpi, ia masih seorang Yahudi. Mimpi bertemu Rasulullah… sebuah mimpi yang saya sungguh tak berani untuk bermimpi untuk memimpikannya….

Dengan latar perang dunia 2, Leopold menceritakan pengalamannya berkelana. Kerasnya padang pasir…. Persaudaraan dalam Islam…. Ia juga sempat bertemu dengan Umar Mukhtar (Si Lion Of The Desert itu lho…) di Libya.

Dan wow, baru tau juga pas buka-buka ini, ternyata udah dibikin film lho. Huhu ada yang punya…?

Sering malu… seorang mualaf, biasanya lebih bersemangat belajar Islam lebih dari seorang muslim yang mengaku muslim sejak lahir. Sering aneh… padahal Islam itu indah, tapi banyak yang hanya melihatnya dari paradigma yang salah (nggak mau ngebahas film… :P). Sering takut… seandainya saya….

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Q.S. Ali Imran: 102)

Advertisements

2 responses

  1. Ntar pas KP, bawa buku-buku bagus yang kamu punya ya. Biar ada bacaan pas liburan (libur, KP, atau jalan2?) Ckckck…

    Jadi gimana?

    “jadi gimana?”
    pertanyaan favorit ya Sha?
    kita curi hardisk-nya si a****a aja, e-book-nya gila… tapi isinya… matematika… 😀

    hurray kita jalan2… mari kita ngliat komodo… nanti kita foto-foto komodo yang lucu (emang ada?)
    moga diterima….

    April 18, 2008 at 12:18 pm

  2. kayaknya bagus dibaca, pinjem donk nis
    😀

    hahaha… maafkan daku Ray, buku itu juga aku pinjam… :p
    pinginnya sih beli sendiri, tapi nggak punya uang… begitupun daku belum punya uang yang cukup buat bikin mashed potato 😀 jadi jangan nagih yaks 😀

    April 21, 2008 at 9:25 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s